Lakukan 3 Hal Ini Untuk Dapatkan 3 Manfaat Vaksinasi 

- 26 Maret 2021, 11:11 WIB
Vaksinasi yang dilakukan dengan prosedur tepat akan menghasilkan manfaat yang besar bagi kehidupan manusia.  /pexel.com./
 
 
MIKROFON.ID - Juru Bicara Pemerintah Reisa Broto Asmoro mengemukakan dari 200 lebih negara di dunia hanya ada puluhan negara yang melaksanakan vaksinasi COVID-19. 
 
Dari puluhan negara tersebut, Indonesia termasuk negara yang melaksanakan vaksinasi
 
Duta Kebiasaan Adaptasi Baru (AKB) itu juga mengungkapkan bahwa vaksinasi telah terbukti melindungi manusia dari berbagai penyakit menular. 
 
“Vaksin dapat menyelamatkan nyawa. Vaksin selama ini telah terbukti dapat melindungi kita dari berbagai penyakit menular. Vaksin COVID-19 yang digunakan pada masa darurat pandemi efektif mengurangi risiko infeksi berat dan fatal dari COVID-19. Jadi, persiapkan diri sebaik mungkin untuk mendapatkan dampak yang optimal, yakni tercipta kekebalan tubuh semaksimal mungkin,” ungkap Reisa, dikutip dari Antara, Jumat, 26 Maret 2021.
 
Untuk itu, ia menyarankan tiga langkah inti sebagai persiapan bagi calon peserta penerima vaksin agar proses berjalan lancar serta membawa dampak yang optimal.
 
1. Lakukan pendaftaran dan pastikan nama sudah terdaftar di dalam Sistem Satu Data Vaksinasi yang dikembangkan pemerintah.
 
2. Peserta vaksinasi diarahkan untuk memeriksa kesehatan dan pastikan kondisi tubuh dalam keadaan fit sebelum divaksinasi.
 
3. Anggota masyarakat yang sudah memperoleh konfirmasi jadwal dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin menjelang hari vaksinasi.
 
Para calon penerima vaksinasi disarankan mempelajari pertanyaan dari petugas pendamping selama proses penyaringan peserta vaksinasi.
 
Berdasarkan pertimbangan tersebut, Reisa menilai ketiga persiapan di atas dapat membuka peluang penerima vaksin menikmati tiga dampak positif vaksin.
 
1. kekebalan tubuh penerima vaksin akan terbangun sehingga siap menghadapi serangan COVID-19 apabila sampai terpapar.
 
Hasil uji klinis beberapa merk vaksin yang sudah disetujui Organisasi Kesehatan Dunia WHO menunjukkan bahwa vaksin COVID-19 dapat melindungi dari dampak fatal atau kondisi kritis saat terkena virus SARS CoV-2, penyebab COVID-19.
 
Pertahanan melawan COVID-19 bukan hanya vaksin, namun pencegahan lain seperti 3M dan patuh protokol kesehatan tetap harus disiplin sebagai bentuk adaptasi kebiasaan baru.
 
“Jangan lengah. Kita sudah melewati bulan ke-12 pandemi. Pastikan saat ini kita sudah terbiasa menjalani pola hidup baru yakni adaptasi kebiasaan baru dengan pola hidup yang bersih dan sehat, pola hidup produktif yang aman COVID-19," ujar Reisa.
 
2. beban tenaga medis akan turun dan ketersediaan tempat tidur di rumah sakit akan meningkat drastis.
 
Laporan terkini Kemenkes dan Satgas COVID-19 menunjukkan bahwa ketersediaan tempat tidur di rumah sakit sekarang rata-rata sudah di bawah 60 persen, sesuai rekomendasi WHO.
 
3. upaya memutus pandemi melalui kekebalan komunal. Pemerintah menargetkan kekebalan komunal dapat terbentuk seiring program vaksinasi COVID-19 yang menyasar hingga 70 persen dari populasi penduduk Indonesia.***

Editor: Muhammad Fikry Mauludy

Sumber: Antara


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X