Belanda Siap Kembalikan Benda Bersejarah, Diantaranya Berlian 36 Karat dari Banjarmasin

- 14 Oktober 2020, 14:42 WIB
Ilustrasi- Museum. /Pixabay /

MIKRIFON.ID - Ada informasi berharga yang disampaikan oleh Pemerintah Belanda. Negara ini siap melacak pemilik ribuan benda bersejarah yang dirampas dari wilayah bekas jajahan, dan mengembalikan peninggalan tersebut ke para pemiliknya.

Meskipun demikian, menurut keterangan dari Museum Nasional Belanda, Rijksmuseum, Selasa 13 Oktober 2020, untuk menemukan para pemilik sah benda bersejarah tersebut tidak akan mudah.

Dari ribuan benda hasil rampasan itu, dua di antaranya adalah berlian dari sebuah kesultanan di Indonesia dan sebuah meriam yang dulunya digunakan untuk menyambut kedatangan raja di Sri Lanka.

Baca Juga: Kabar Baik, Survei BI: Kegiatan Dunia Usaha Membaik, Sektor Mana Saja?

Rijksmuseum mengatakan sekitar 4.000 koleksi museum mempunyai hubungan jelas dengan sejarah kolonial kerajaan, yang berlangsung selama kurang lebih 300 tahun sejak pertengahan abad ke-17. Selama berkuasa, kekuasaan kolonialisme Belanda terpusat di Asia Tenggara dan wilayah Karibia.

Kepala Sejarah Rijksmuseum, Valika Smeulders, menyambut baik rencana pemerintah. Sebuah komisi independen di Belanda bulan ini menyebut keputusan pemerintah terus menyimpan benda bersejarah hasil rampasan era kolonial sebagai sesuatu yang “salah secara historis”.

“Museum menerima pengetahuan baru, suara baru, keahlian baru, dan cara-cara baru untuk menerima masa lalu dan bagaimana kita melihat objek-objek ini... Kami akan meruntuhkan tembok-tembok di museum,” kata Smeulders, seperti dikutip Antara dari Reuters.

Baca Juga: Subsidi Gaji Sudah Disalurkan Kepada 11,9 Juta Pekerja, Berikut Perincian dari Menaker

Belanda berencana membentuk pusat penelitian independen sebagai pusat data karya seni zaman kolonial, yang nantinya juga akan memuat asal benda serta bagaimana karya-karya tersebut didapatkan. Pusat penelitian itu juga berencana membentuk panel yang akan mengurusi permintaan restitusi. Menurut Smeulders, pekerjaan tersebut akan sulit dilakukan.

Ia mencontohkan salah satu benda koleksi museum, yaitu sebuah berlian 36 karat yang dirampas oleh tentara Belanda dari Kesultanan Banjarmasin pada 1875. Banjarmasin, daerah yang berada di Pulau Kalimantan, saat ini merupakan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Halaman:

Editor: Ivan W.

Sumber: ANTARA, Reuters


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X