Penjelasan Resmi MUI dan Dinkes Terkait Vaksinasi Saat Puasa Ramadan

- 7 April 2021, 21:09 WIB
Bila ditinjau dari para ahli kesehatan, tidak ada perbedaan vaksinasi saat berpuasa dengan di waktu yang lain. /Instagram/@muipusat./

MIKROFON.ID – Pemerintah Kota Bandung memastikan vaksinasi masih dijalani secara normal pada bulan suci Ramadhan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Rosye Arosdiani mengatakan, bila ditinjau dari para ahli kesehatan, tidak ada perbedaan vaksinasi saat berpuasa dengan di waktu yang lain.

"Kalau dari sisi kesehatan sampai saat ini memang belum ada penelitian dilakukan bagaimana vaksinasi kepada orang yang sedang puasa. Tetapi para ahli menyampaikan sebetulnya secara medis tidak ada perbedaan antara sedang shaum ataupun yang tidak," ujar Rosye, di Balai Kota Bandung, pada Selasa, 6 April 2021.

Baca Juga: Lakukan 3 Hal Ini Untuk Dapatkan 3 Manfaat Vaksinasi 

Baca Juga: MUI Kembali Imbau Muslim Agar Tidak Ragu Lakukan Vaksinasi di Bulan Ramadan

Namun, pernyataan tersebut dikecualikan untuk masyarakat yang memiliki riwayat penyakit bawaan yang cukup berat dan diharapkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. 

Terlebih lagi masyarakat yang punya riwayat penyakit sangat tidak disarankan untuk menyembunyikan riwayat yang dimilikinya.

"Hanya pada saat Ramadhan yang punya penyakit tertentu lebih baik konsultasi pada dokter dan pada saat sahur makan makanan yang cukup. Bagi yang akan divaksin juga harus jujur terhadap riwayat penyakit," tutur Rosye.

Di sisi Lain, Kepala Bidang Fatwa dan Konsultasi Keagamaan MUI Kota Bandung, Asep Djamaludin mengatakan bahwa dalam kondisi tertentu atau mendesak maka buka puasa sebelum waktunya diperbolehkan. Hal ini berkaitan dengan anjuran makan terlebih dahulu sebelum penyuntikan vaksinasi.

Halaman:

Editor: Muhammad Fikry Mauludy

Sumber: Humas Setda Kota Bandung


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X