Generasi Z, Sumpah Pemuda dan TikTok

- 28 Oktober 2021, 11:37 WIB
Sumpah Pemuda telah berlalu hampir seabad lamanya. Lalu, bagaimana generasi Z hari ini memaknai ikrar ini dengan semangat zamannya?
Sumpah Pemuda telah berlalu hampir seabad lamanya. Lalu, bagaimana generasi Z hari ini memaknai ikrar ini dengan semangat zamannya? /Tangkap layar TikTok @anifahsuryani

MIKROFON.ID - Hari ini, 93 tahun yang lalu para pemuda berikrar setia terhadap gagasan kesatuan kebangsaan Indonesia dengan apa yang kini kita sebut dengan Sumpah Pemuda.

Sebuah ikrar yang dilandasi kesadaran bukan hanya akan adanya ketimpangan keadaan, tetapi juga kesenjangan kesempatan bagi warga pribumi di sebuah wilayah yang disebut Indonesia.

Pada 28 Oktober 1928, para pemuda yang semula mengidentifikasi dirinya sebagai warga Hindia (Indische), mencoba membangun identitas bersama sebagai bangsa Indonesia.

Peristiwa itu telah berlalu hampir seabad lamanya. Lalu, bagaimana generasi Z hari ini berperan dengan semangat zamannya?

Generasi Tiktok (tanpa nada peyoratif) boleh jadi punya kritisisme dan kewaspadaan akan zamannya tidak lebih dan tidak kurang dari 'generasi para pahlawan' yang tercatat di buku-buku sejarah.

Kita bisa dengan mudah menemukan konten-konten semacam "Salam dari Binjai" dan yang serupanya, bahkan konten-konten yang cenderung kontroversial dan membuat dahi berkerut.

Di sisi lain, ada juga content creator semacam Anifah Suryani (@anifahsuryani) yang mendiskusikan berbagai isu yang tidak kalah pentingnya dengan persoalan-persoalan yang dibincang para pemuda di Congres Pemoeda.

Tentu, tidak dengan gaya orasi yang gagah berkarisma layaknya para orator ulung di era Perang Dunia ke-dua, tapi dengan cara yang lebih casual, meski tak kalah argumentatif.

Salah satu konten Anifah yang mengkritisi rencana pemerintah mewajibkan tes PCR untuk semua moda transportasi saat ini telah ditonton oleh lebih dari 1.5 juta pengguna. Jumlah yang setidaknya mendekati peserta rapat raksasa Lapangan Ikada di tahun 1945.

Halaman:

Editor: I Haris


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X