Peringatan Potensi Banjir dan Pohong Tumbang di Sejumlah Wilayah, Berikut Prakiraan Cuaca BMKG

- 2 November 2021, 12:00 WIB
Ilustrasi - Peta cuaca. Berikut prakiraan cuaca awal November 2021 berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) soal potensi curah hujan.
Ilustrasi - Peta cuaca. Berikut prakiraan cuaca awal November 2021 berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) soal potensi curah hujan. /ANTARA/HO-BMKG/

MIKROFON.ID – Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Potensi hujan deras disertai cuaca ekstrem diperkirakan terjadi di awal November 2021.

Dalam seminggu ke depan, prakiraan hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang terpantau di hampir semua provinsi.

"BMKG memonitor perkembangan kondisi cuaca di seluruh wilayah Indonesia, di mana saat ini diindikasikan terdapat potensi signifikansi dinamika atmosfer yang dapat berdampak pada peningkatan curah hujan di beberapa wilayah Indonesia," kata Deputi Bidang Meteorologi Guswanto dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu, 31 Oktober 2021, seperti dilansir dari Antara.

Baca Juga: Peneliti Ungkap Merokok Bisa Membakar Lebih Banyak Kalori

Dari hasil analisis kondisi dinamika atmosfer terkini, kata Guswanto, terdapat adanya potensi belokan dan perlambatan angin yang dapat meningkatkan pola konvektifitas.

Dari fenomena MJO, Gelombang Rossby, dan Gelombang Kelvin yang aktif dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan.

Dengan hasil pantauan itu, BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat, petir dan angin kencang dapat terjadi di sejumlah wilayah dalam periode 31 Oktober hingga 6 November 2021.

Berdasarkan pantauan BMKG, wilayah yang berpotensi terjadi hujan sedang-lebat disertai petir dan angin kencang di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kep. Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Lampung.

Selain itu, ada Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan.

Halaman:

Editor: Muhammad Fikry Mauludy

Sumber: Antara


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X