Pameran “Bersemi” Taufiq HT, Inspirasi Seni dari Bercocok Tanam Semasa Pandemi

- 5 April 2021, 17:06 WIB
Taufiq HT mengadakan pameran tunggal “Bersemi”, yang dilangsungkan di Orbital Dago, Bandung, mulai 19 Maret hingga 11 April 2021. /Orbital Dago./

MIKROFON.ID - Menghabiskan waktu di kebun, halaman, merawat tanaman, hingga bercocok tanam menjadi tren publik di tengah pandemi. Bercocok tanam menjadi media relaksasi di saat pembatasan ruang dan jarak dengan manusia lain semakin lumrah dijalankan. 

 “Virus” membuka hubungan dengan tanaman juga menerpa salah seorang seniman, Taufiq HT. Semakin dekat dengan kehidupan tanaman justru menggiring Taufiq lebih produktif dalam berkarya.

Karya dari hasil interaksinya bersama tanaman itu dibawanya ke dalam pameran tunggal “Bersemi”, yang dilangsungkan di Orbital Dago, Bandung, mulai 19 Maret hingga 11 April 2021. Pameran ini bekerjasama dengan Colaborea art and design serta ArtSociates.

Baca Juga: Angkat Permasalahan Kota Bandung, 11 Perupa Gelar Pameran “Proyek Shifting Spaces”

Lewat catatan Mujahidin Nurrahman, Taufiq menangkap fenomena asyiknya terhubung dengan tanaman sebagai sesuatu yang tampak remeh, namun memiliki dampak yang cukup besar bagi masyarakat dalam menjalani pembatasan sosial.

Banyak hal yang hilang ketika masyarakat terpaksa untuk tetap berada di rumah, salah satunya yang cukup penting adalah interaksi sosial. Pada umumnya interaksi sangat dibutuhkan oleh manusia.

Taufiq memposisikan bercocok tanam sebagai pelarian atau pengganti interaksi sosial yang hilang, karena sebagian besar orang akan merasa bahagia ketika melakukannya. Secara sadar atau tidak, mereka seperti berdialog dalam pikiran, berdialog dengan dirinya, berdialog dengan tanaman yang sedang dia rawat dan tentu bercocok tanam membutuhkan kasih sayang, intensitas dan komitmen.

Taufiq HT mengadakan pameran tunggal “Bersemi”, yang dilangsungkan di Orbital Dago, Bandung, mulai 19 Maret hingga 11 April 2021.
Taufiq HT mengadakan pameran tunggal “Bersemi”, yang dilangsungkan di Orbital Dago, Bandung, mulai 19 Maret hingga 11 April 2021.

Baca Juga: Pameran “Lintang -6.9321235, 107.6118692”: Erlina, Toko Buku Maranatha, dan Komik yang Abadi

Halaman:

Editor: Muhammad Fikry Mauludy


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X